https://file.ppklkemenkop.id/data-web-1/data-user-1/8622d9ef2c8cb7bfa21c8b2f83799653.png

PETUGAS PENYULUH KOPERASI LAPANGAN
KEMENTERIAN KOPERASI DAN UKM REPUBLIK INDONESIA

TIGA KOPERASI DI KECAMATAN KUMPEH KAB. MUARO JAMBI AKAN AKTIF KEMBALI

26-Februari-2019

Pertemuan pada hari Sabtu tanggal 20 Oktober 2018 yang difasilitasi oleh Dinas Transmigrasi antara perwakilan PT. Jambi Batanghari Plantation dengan Petugas penyuluh koperasi Lapangan kab. Muaro jambi yang membahas masalah keberadaan dan Kondisi Koperasi kemitraan dengan PT. Jambi Batanghari Plantation tersebut.

Koperasi yang bermitra dengan PT. Jambi Batanghari Plantation adalah koperasi Jebus Mandiri di desa Jebus dengan luas lahan kemitraan adalah 267 ha, Koperasi Aur Jaya di Desa Sungai Aur dengan luas lahan kemitraan 289 ha dan Koperasi Gedong Lestari di Desa Gedong Karya dengan luas lahan kemitraan sebanyak 311 ha yang kesemuanya dikelola oleh perusahaan.

Kondisi PT. Jambi Batanghari Plantation yang dulunya mengalami kebangkrutan merupakan salah satu penyebab ketidak aktifan tiga koperasi dikec. Kumpeh ini karena lahan perkebunan petani yang dikelola tidak jelas statusnya dan kondisi ini merupakan dasar dari ketidak aktifan tersebut ditambah lagi dengan sumber daya manusia pengurus yang tidak bisa ekspansi keusaha yang lain.

Akan tetapi sejak berpindahnya kepemilikan aset perusahaan dari manajemen yang lama dengan manajemen yang baru, pengelolaan kebun kembali dilakukan akan tetapi kondisi saat ini wadah koperasi yang menjadi mitra PT. Tidak berjalan lagi bahkan koperasi Aur jaya sudah diusulkan untuk dibubarkan dinas koperasi kabupaten ke kementerian koperasi. 

Karena tujuan itu, maka pertemuan ini merupakan pertemuan untuk pengaktifan kembali koperasi Jebus mandiri, Koperasi Aur Jaya dan koperasi gedong lestari yang sayogyanya harus dipertemukan dengan PT. Jambi Batanghari Plantation. 

Pertemuan berikutnya akan diadakan pada tanggal 21 Oktober 2018 hari Minggu dengan menghadirkan kepengurusan koperasi yang lama yang masih ada dan selanjutnya akan dimediasikan untuk mencari titik temu masalah pengaktifan koperasi dan bisa bermitra dengan PT. 

Foto-foto