https://file.ppklkemenkop.id/data-web-1/data-user-8/145b4a7a4cb19ba3cc29774f10d36bac.png

PETUGAS PENYULUH KOPERASI LAPANGAN
KEMENTERIAN KOPERASI DAN UKM REPUBLIK INDONESIA

Peningkatan Kualitas Petugas Penyuluh Koperasi Lapangan Di Semarang Provinsi Jawa Tengah

14-Februari-2018

Kementerian Koperasi dan UKM berupaya meningkatkan kualitas penyuluh koperasi di tingkat provinsi, kabupaten atau kota di seluruh Indonesia. Hal inidikarenakan keterbatasan jumlah pembina pada OPD yang membidangi Koperasi dan UKM, sementara jumlah koperasi di daerah cukup banyak dan penyebarannya cukup luas.Untuk mengatasi permasalahan tersebut, perlu ada dukungan tenaga-tenaga terampil yang mampu membantu dinas yang membidangi Koperasi dan UKM provinsi, kabupaten, dan kota dalam menangani urusan koperasi dan ukm.


Maka pada tanggal 12 s/d 16 Februari 2018 dilakukan pelatihan peningkatan pemahamam perkoperasian bagi PPKL di provinsi Jawa Tengah di Hotel Pandanaran Semarang Jawa tengah. Keberadaan PPKL menjadi salah satu pilihan yang bijaksana dan realistis untuk mengawal dan melakukan perubahan secara terstruktur,sistematis, dan berkelanjutan dalam aspek jati diri koperasi.


Dalam pelatihan kemarin diisi oleh instruktur secara profesional dimana materi terdiri dari kebijakan pemerintah daerah dalam pembinaan koperasi dan umkm, dasar perkoperasian, penyususanan laporan keuangan usp, pemisahan laporan keuangan KSU / KPRI / Koperasi, penyusunan laporan RAT, penilaian kesehatan koperasi, managemen resiko, perpakanakan koeprasi dan kepatuhan (SPI). Dimana pelatihan setiap harinya mulai dari jam 8 pagi sampai jam 10 malam sehingga kemampuan PPKL dalam tugasnya dapat meningkat dengan baik.


Dengan Pelatihan tersebut, PPKL diarahkan untuk mampu menjadi konsultan mandiri yang berfungsi sebagai gerakan perubahan koperasi yang dapat mewujudkan koperasi yang sehat, kuat, mandiri dan tangguh.  Kedepan pelatihan ini akan dilakukan dalam 4 kali dalam satu tahun, supaya kemampuan PPKL di provinsi Jawa Tengah dapat meningkat sehingga bisa melaksanakan tugas dan fungsinya secara baik dalam melakukan pembinaan koperasi dan ukm di kabupaten / kota.