https://file.ppklkemenkop.id/data-web-1/data-user-1/8622d9ef2c8cb7bfa21c8b2f83799653.png

PETUGAS PENYULUH KOPERASI LAPANGAN
KEMENTERIAN KOPERASI DAN UKM REPUBLIK INDONESIA

PPKL SEBAGAI ABDI NEGARA, YANG MEMBANGUN KOPERASI HINGGA BERPRESTASI

16-Oktober-2019

Syukur Alhamdulillah

Ketikatuhan memberikan amanah kepada kita semua (PPKL), sehingga kita dapat memberikan energi positif kepada gerakan koperasi dan masyarakat. Ketika pertama kali menjalankan tugas tentu banyak dari kita bingung untuk melakukan apa yang seharusnya kita lakukan dan kerjakan.

Di awal menjadi PPKL, kita terlalu fokus pada perintah itu saja. Belum terlintas bagi kita untuk melakukan hal besar yang dapat merubah kita. FROM ZERO TO HERO. Wajar saja, karena kita masih minim ilmu tentang perkoperasian.

Seiring berjalannya waktu, memasuki 3 (tiga) bulan pertama menjadi PPKL. Kita mulai beradaptasi dengan pekerjaan, lingkungan dan gerakan koperasi. Kita mulai menggali potensi yang ada pada diri. Perbanyak ilmu, baca, pahami dan kerjakan.

Inilah yang menjadi kunci untuk kita semua, sekali lagi PERBANYAK ILMU, BACA, PAHAMI DAN KERJAKAN. ILMU kehidupan yang akan memberikan kita banyak pengalaman, BACA situasi dari apa yang kita lihat dan dengarkan, PAHAMI keadaan sekitar kita dan KERJAKAN tupoksi kita sebagai PPKL.

Buka mata dengan jelas, maka akan terlihat jendela dunia yang terbentang luas dengan beribu bahkan berjuta ilmu serta kesuksesan jika kita mau untuk menggapainya. Ada banyak cara yang dapat kita lakukan dan kerjakan untuk menggapai sukses tersebut.

1 tahun pertama menjalani pekerjaan sebagai PPKL, ada banyak cerita dan ilmu yang dapat diceritakan dan dibagikan kepada gerakan. Berbagi informasi, berita bahkan bercerita bagaimana bisa menghasilkan peluang lebih sehingga koperasi yang kita bina bisa bersaing dengan perusahaan lain.

Ingat 1 hal, ketika masa transisi dari zaman orba ke era reformasi. Begitu banyak perusahaan tumbang, akibat kalah untuk bersaing dengan perusahaan lainnya. Tapi, tidak dengan KOPERASI dan UKM. Koperasi yang dikelola dengan sebaik-baiknya. Terus bertahan , maju dan berkembang. Bahkan, koperasi-koperasi ini siap untuk bersaing menghadapi revolusi industri 4.0.

Puncaknya, ketika kita sebagai PPKL mampu mengantarkan koperasi binaan kita bersaing untuk mendapatkan penghargaan berprestasi di tingkat nasional. Artinya, disetiap pekerjaan yang kita lakukan mendapatkan hasil yang positif. Tapi, itu semua adalah awal permulaan bagi kita untuk menunjukkan eksistensi koperasi dengan melakukan branding bagi koperasi tersebut, sehingga masyarakat tahu bahwa koperasi itu tidak hanya soal pinjam uang.

Dengan eksistensi PPKL yang terus meningkat grafik datanya. Maka, semakin banyak pula masyarakat yang paham bagaimana cara berkoperasi yang baik dan benar. BAIK bagi anggota yang merasakan manfaatnya dan BENAR melakukannya dengan cara yang tepat dan sesuai aturan.

Tantangan besar menanti kita (PPKL) di 2020. Mari kita tunjukan siapa PPKL, kita naikkan grafik positif tentang PPKL, kita branding koperasi yang baik secara kelembagaan, usaha dan keuangannya. Kita tunjukkan bahwa benar PPKL sebagai ABDI NEGARA YANG MEMBANGUN KOPERASI HINGGA BERPRESTASI DAN MAMPU BERSAING DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0.

Kuncinya adalah KERJAKAN SAJA DULU

By : Wahyu Aldino, S.Sos., MM

Foto-foto