https://file.ppklkemenkop.id/data-web-1/data-user-8/145b4a7a4cb19ba3cc29774f10d36bac.png

PETUGAS PENYULUH KOPERASI LAPANGAN
KEMENTERIAN KOPERASI DAN UKM REPUBLIK INDONESIA

Bagian 2 Monitoring Kinerja PPKL di Kabupaten Gresik Oleh Tim Asdep Penyuluhan

03-Agustus-2019


Hari ke dua Monitoring, Kamis Tanggal  01 Agustus 2019


Tim Asdep Penyuluhan Deputi Bidang Kelembagaan Kementrian Koperasi dan UKM RI melakukan Monitoring Pelaksanaan Tugas Petugas Penyuluh Koperasi Lapangan (PPKL) di Kabupaten Gresik secara langsung dalam hal ini sebagai pelaksana Tugas Bapak Dudi Damhudi, SE dengan didampingi Ketua Forum PPKL Provinsi Jawa Timur M. Yoyok Suhartono, S.PdI, SE, menunjukan lokasi kegiatan.


Pada kesempatan kali ini Tim berkunjung ke Dinas Koperasi Usaha Mikro, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Gresik untuk koordinasi dengan Koordinator PPKL Kabupaten Gresik Bapak Drs. Ec. Moch Sahlan, MM terkait dengan pelaksanaan Tupoksi PPKL di Kabupaten Gresik dan sekaligus menampung semua usulan serta arahan terkait dengan penyempurnaan sistem yg perlu ditingkatkan dimasa mendatang baik secara teknis atau peningkatan kesejahteraan dan status PPKL dimasa Mendatang dan Bapak Koordinator juga meminta agara ada penambahan untuk PPKL yang nantinya ditugaskan khusus di Pulau Bawean Gresik.


Setelah koordinasi dg koordinator Tim menuju ke Lokasi pembinaan di Koperasi yang menjadi binaan pendampingan PPKL secara langsung. Lokasi pendampingan kali ini di desa Balongpanggang Kecamatan Balongpanggang Kabupaten Gresik di Koperasi Wanita Sartika Putri.


Dalam kesempatan ini Tim dan PPKL disambut antusias oleh Kopwan tersebut, hadir pula Camat Balongpanggang Bapak Moh. Yusuf, S.Sos disana memberikan sambutan kepada tim dan memberikan apresiasi kepada PPKL atas peran dan fungsi selama ini dalam memberikan penyuluhan dan Pendampingan khususnya di Koperasi Wanita Sartika Putri Desa Balongpanggang yang berdampak pada peringatan Harkop ke 72 Tahun Tingkat Kabupaten Gresik mendapatkan predikat Koperasi Berprestasi. Selain itu Kopwan Sartika Putri juga berhasil membuat produk berupa kue bakeri berbahan dasar dari pisang, prouk ini yang memiliki daya tarik sendiri dan rasa yang khas.


Berlanjut pada kegiatan pendampingan oleh PPKL Kabupaten Gresik kepada Kopwan Sartika Putri yang dimonitor secara langsung oleh Tim Asdep Penyuluhan, dalam kesempatan ini PPKL memberikan pendampingan terkait dengan Laporan keuangan secara sistem otomatis, dari sistem manual ke sistem aplikasi. Aplikasi keuangan sederhana ini dibuat sendiri oleh PPKL sehingga dapat diberikan kepada Koperasi secara gratis.


Dengan keberadaan PPKL ini disetiap kabupaten diharapkan mampu membantu memberikan pendampingan dan penyuluhan kepada semua koperasi di wilayah tugas masing sebagai perwujudan ujung tombak Kementrian Koperasi dan UKM RI di daerah.


Foto-foto