https://file.ppklkemenkop.id/data-web-1/data-user-8/145b4a7a4cb19ba3cc29774f10d36bac.png

PETUGAS PENYULUH KOPERASI LAPANGAN
KEMENTERIAN KOPERASI DAN UKM REPUBLIK INDONESIA

Monitoring Kinerja PPKL di Kabupaten Lamongan Oleh Tim Asdep Penyuluhan Bagian ke 1

03-Agustus-2019

Hari Pertama Monitoring, Rabu Tanggal 31 Juli 2019

Tim Asdep Penyuluhan Deputi Bidang Kelembagaan Kementrian Koperasi dan UKM RI melakukan Monitoring Pelaksanaan Tugas Petugas Penyuluh Koperasi Lapangan (PPKL) di Kabupaten Lamongan secara langsung dalam hal ini sebagai pelaksana Tugas Bapak Dudi Damhudi, SE dengan didampingi Ketua Forum PPKL Provinsi Jawa Timur M. Yoyok Suhartono, S.PdI, SE, menunjukan lokasi kegiatan di hari pertama terfokus di Kabupaten Lamongan.

Diawali dengan mengunjungi Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Lamongan (DiskopUM) Tim disambut oleh Kepala Bidang Kelembagaan DiskopUM Lamongan Ibu Martanti Pawiatiningtyas, S.Sos, MM, dan semua PPKL Kabupaten Lamongan yang berjumlahkan 9 (Sembilan) personil yang antusias dari lapangan pembinaan menuju ke kantor untuk menyambut kedatangan Tim.

Dalam kesempatan ini Kabid Kelembagaan DiskopUM mewakili Bapak Kepala DiskopUM Lamongan menyampaikan apresiasi tugas PPKL selama ini khususnya di Kabupaten Lamongan sangat membantu sekali, mulai dari pendampingan pra koperasi, pendirian koperasi, penyuluhan perkoperasian, pendampingan pembukuan baik akuntansi maupun secara administrative dan lebih-lebih masalah penyampaian info kegiatan DiskopUM Lamongan kepada mayarakat dan Gerakan Koperasi. Pihak DiskopUM Lamongan juga menyampiakan kepada Tim terkait dengan perbaikan Kesejahteraan PPKL agar lebih ditingkatkan karena kerja mereka cukup maksimal dan itu perlu support lebih lagi yang perlu ditingkatkan.    

Berlanjut ke Lokasi Kegiatan padaa siang itu merupakan agenda khusus yakni Penyuluhan Pendirian Koperasi bagi Kelompok Masyarakat Nahdliyin ini bertempat di Gedung SMK NU 2 Kedungpring Lamongan, kegiatan ini berlangsug dengan dimulai pembukaan oleh pembawa acara dan berlanjut sambutan dari Panitia penyelenggara sekaligus ucapan selamat datang kepada Tim dari tuan rumah, lalu Sambutan oleh Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Lamongan dalam hal ini diwakili oleh Kepala Bidang Kelembagaan DinkopUM Lamongan dan proses penyuluhan disampaikan oleh Tim PPKL.

Proses penyuluhan berlangsug sekitar 45 Menit oleh Tim PPKL Kabupaten Lamongan diharapkan dengan waktu singkat ini peserta lebih produktif bertanya dan berlanjut diskusi terkait materi penyuluhan serta teknis lebih detail pendirian Koperasi. PPKL selalu menghimbau kepada Kelompok Masyarakat dimanapun berada ketika konsultasi mendirikan koperasi agar tidak segan berkonsultasi dan tidak dibayangi oleh persayratan yang rumit, dengan keberadaan PPKL ini nanti sebagai solusi itu semua dimana PPKL membantu mendampingi proses pengajuan sampai terbit Badan Hukum dan berlanjut pendampingan pelaksaan dan pengembangan koperasi.

Foto-foto