https://file.ppklkemenkop.id/data-web-1/data-user-8/145b4a7a4cb19ba3cc29774f10d36bac.png

PETUGAS PENYULUH KOPERASI LAPANGAN
KEMENTERIAN KOPERASI DAN UKM REPUBLIK INDONESIA

KSP Maju Makmur Desa Karangluas jadi tempat bersemayamnya kaum tani

14-Mei-2019
BERTEMPAT di Kantor bersama  Koperasi Simpan Pinjam  'MAJU MAKMUR '  Desa Karang Luas, Kecamatan Kemiri Kabupaten Purworejo.  diadakan evaluasi management  tengah tahunan.

 Koperasi yang dirintis dan di prakarsai Pono Gunawan, Spd, memberi penjelasan pada Bahwa koperasi yang ia pimpin merupakan  Pengembangan Usaha Agribisnis Pedesaan ( PUAP). 
Pono, sengaja memilih  agribisnis, karena semua anggotanya yang berjumlah 131 orang, adalah para pelaku agribisnis. 

Masih menurut Pono, bahwa  awal mula berdirinya Koperasi Maju Makmur ini didapat dari modal pertama dari anggaran APBN, .aspirasi tahun 2011 dengan besar nominal Rp 100 juta.
" Saya selaku ketua Koperasi sengaja memilih untuk simpan pinjam Anggota Gapoktan "  ungkap Pono.
" Adapun karena dana ini harus berkembang, maka saya mengajak seluruh anggota harus tertib. Apalagi dana tersebut  untuk 3 kelompok tani yang ada di desa Karang Luas. Dan alhamdhulilah dari dana Rp 100 juta. Sekarang sudah berkembang menjadi Rp 160 juta lebih. "  Imbuh Pono.

Sementara Sekretaris Koperasi Maju Makmur, Tabah Fitrioko, mengaku masyarakat sangat beruntung dengan adanya koperasi tersebut. 
" Anggota kalau pinjam itu proses mudah, bunganya juga ringan. Tidak seperti rentenir yang berkluyuran di pasar pasar  dan memberatkan itu. Pokoknya kami melayani segalanya serba dibuat mudah " ungkap Tabah Fitroko. 

" Karena pada umumnya orang desa itu kesadaran soal mengembalikan utang sangat  bertanggung jawab. Tidak lama lagi  kekayaan uang di Kopeerasi Maju Makmur, bakal mencapai Rp 200 juta" kata Pono Gunawan.
Ditambahkan oleh Pono , bahwa Koperasi Simpan pinjam yang ia pimpin telah banyak membawa dampak positif bagi masyarakat. Serta menginspirasi bagi desa sekitar. 
" Pokoknya pragram Pengembangan Usaha Agribisnis Pedesaan, kalo dikelola benar, akan memiliki arti besar bagi masyarakat / anggota". Tandas Pono. 
( PPKL JATENG DEFRI)