https://file.ppklkemenkop.id/data-web-1/data-user-8/145b4a7a4cb19ba3cc29774f10d36bac.png

PETUGAS PENYULUH KOPERASI LAPANGAN
KEMENTERIAN KOPERASI DAN UKM REPUBLIK INDONESIA

MALU DATANG KE RAT

12-Februari-2019

Sekumpulan orang-orang susah dan penuh dengan kesulitan dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari, inilah sepintas yang kami temui disebagian Koperasi Wanita Konvensional atau Syariah yang kami dampingi dan kami bimbing selama ini.

Ungkapan dan sebuah Pola pikir seperti ini selalu ada disetiap kami mendampingi RAT dan disaat bertemu dengan khalayak umum terkait dengan pemahaman adanya Koperasi Wanita baik pola Konvensional ataupun Syariah yang ada di kabupaten Lamongan.

Suasana RAT yang Seharusnya di warnai dengan rasa suka cita karena para anggota menerima penghargaan dari Koperasi dan menerima Laba (SHU) dari hasil transaksi di koperasi, ini nampaknya ada suasana lain pada sebagian anggota Kopwan, dimana sebagian anggota justru enggan dan malu untuk menghadiri undangan RAT di Kantor Kopwan atau di Balai Desa tempat RAT. Sebagian anggota ini malu karena dianggap bahwa dengan kehadiran mereka di acara itu merupakan ajang menunjukkan bahwa dirinya memiliki hutang yang tidak sepantasnya dipertontonkan.

Pola pikir pada sebagian anggota seperti ini harus kita singkirkan dan jangan sampai ada pada diri anggota lainnya. Hal ini dapat kita cegah Mulai dari pendaftaran sebagai calon anggota, Pengurus dan Pengawas wajib memberikan pengertian bahwa Koperasi adalah milik anggota. Dimana anggota selain sebagai pengguna juga sebagai pemilik Koperasi. pemahaman bahwa tidak ada yang dibuat malu karena itu milik anggota sendiri. Dimana manfaatnya akan kembali pada diri sendiri. Yang perlu digarisbawahi adalah Hakikat dari RAT adalah pertanggungjawaban. Bagaimana pengurus memberikan pertanggungjawaban pada seluruh anggota. Jadi tidak seharusnya ada kata malu sebagai anggota koperasi.

Keterangan Foto : Pelaksanaan pendampingan RAT Tahun Buku 2018 Kopwan Pemasaran Syariah BUEKA Assakinah Kudikan Desa Kudikan Kecamatan Sekaran.
11/02/2019

Salam Aktivator Koperasi

Foto-foto