Gaji Bupati & Walikota Beserta Tunjangan & Fasilitasnya

Ppklkemenkop.id – Tertarik menjadi seorang kepala daerah? Jika iya simak penjelasan tentang Gaji Bupati dan juga wakil bupati berdasarkan peraturan yang ditetapkan oleh Pemerintah. Disini zeyn akan jelaskan sedetail mungkin dan juga menjelaskan tentang fasilitas dan tunjangan yang di dapat.

Kamu pasti yang berada di sebuah daerah kabupaten memiliki yang namanya Bupati dan Wakil Bupati bukan. Yang mana profesi tersebut adalah sebuah jabatan untuk seirang kepala daerah ditingkat kabupaten. Wakil Bupati sendiri adalah seorang yang membantu kerja bupati tersebut.

Jika membicarakan tentang gaji bupati dan wakil bupati bisa dibilang masih standar sih. Sama seperti pekerja lainnya. Yang membedakan disini adalah tunjangan dan berbagai fasilitasnya. Nah penasaran dengan berapa sih gaji bupati diseluruh daerah dan wakil bupati tersebut. Simak yuk penjelasannya.

Tugas Dan Wewenang Bupati Dan Wakil Bupati

gaji bupati dan tunjangan

Sebelum kamu mengetahu tentang pendapatan dari seorang bupati. Ada baiknya kamu ketahui dulu seperti apa tugas dan wewenang dari bupati dan wakil bupati tersebut. Agar kamu lebih memahami dan juga mengetahui tentang bupati dan wakil bupati tersebut.

Bukan hal yang mudah untuk menjadi seorang bupati atau wakil bupati. Karena jabatan seperti ini pastinya memiliki tugas yang mana harus memikirkan masyarakat setempat dimana seorang bupati dan wakil bupati tersebut bertugas. Menurut undang undang pemerintah.

Bupati dan wakil bupati memiliki tugas yang sangat banyak. Seperti memimpin pelaksanaan urusan pemerintah, Memelihara ketentraman dan ketertiban masyarakat. Menyusun dan mengajukan rancangan perda tentang RPJPD dan RPJMD kepada DPRD. Menyusun dan mengajukan rancangan APBD. Dan masih banyak lagi.

Kemudian untuk wakil bupati sendiri memiliki tugas membantu bupati. Memimpin pelaksanaan urusan pemerintah yang menjadi kewenangan daerah, Mengoordinasi kegiatan perangkat daerah. Memantau dan mengevaluasi penyelenggaraan pemerintah daerah. Dan masih banyak lainnya.

Tugas dan wewenang tersebut pastinya sudah menjadi ketetapan dari pemerintah untuk para bupati dan wakil bupati. Nah setelah mengetahui tentang pekerjaan dari bupati dan wakil bupati apakah kamu penasaran dengan gaji yang mereka dapatkan. Maka dari itu simak penjelasannya di sini.

Untuk gaji dari bupati dan wakil bupati sendiri sudah ditetapkan oleh undang undang pemerintah Nomor 9 tahun 2000. Yang mana terdaat beberapa pasal yang mencatat mengenai kedudukan keuangan kepala daerah serta wakilna. Pada pasal 2 berbunyi kepala dan wakil kepala daerah adalah pejabat negara.

Baca Juga : Contoh Slip Gaji Karyawan, Cara Membuat Serta Komponennya

Daftar gaji Bupati Dan Juga Tunjangannya.

gaji walikota

Disini zeyn akan informasikan tentang daftar gaji bupati dan juga tunjangannya menurut berbagai sumber yang zeyn temukan di internet. Untuk kamu yang penasaran bisa simak penjelasannya di artikel ini.

Gaji Bupati Dihitung Perbulan

Untuk gaji seorang kepala daerah atau Bupati berdasarkan yang sudah diatur pada peraturan pemerintah Republik Indonesia nomor 59 Tahun 2000 pasal 1 berbunyi. Besaran gaji pokok untuk kepala daerah dan juga wakil kepala daerah adala sebagai berikut ini.

  • Kepala daerah Kabupaten / Kota (Bupati atau Walikota) sebesar 2,1 juta rupiah perbulannya.
  • Untuk wakil kepala daerah kabupaten / Kota adalah sekitar 1,8 Juta rupiah perbulannya.

Gaji diatas merupakan gaji pokok seorang kepala daerah atau bupati. Gaji tersebut tentunya belum tercampur oleh tunjangan jabatan dan juga berbagai fasilitasnya. Nah untuk kamu yang masih penasaran total dari keseluruhan gaji seorang bupati. Simak di bawah ini tentang tunjangan bapak bupati dan wakilnya.

Tunjangan Kepala daerah Kabupaten dan Wakil Kepala Daerah Kabupaten ( Bupati da wakil bupati )

Berdasarkan sumber yang zeyn dapat dari berbagai sumber di internet. Tunjangan Bupati dan wakil bupati sudah berdasarkan keputusan dari Bapak Presiden Republik Indoneisa Nomor 68 Tahun 2021. Yang mana di dalamnya menjelaskan mengenai besaran tunjangan jabatan untuk pejabat negara.

Untuk seorang bupati dan wakil bupati sendiri mendapatkan tunjangan yaitu 3.78 juta perbulan untuk Kepala Daerah atau Bupati. Sedangkan Wakil Kepala Daerah Atau Wakil Bupati mendapatkan tunjangan 3.24 Juta perbulannya.

Lebih dari tunjangan. Bupati dan wakil bupati juga tentunya mendapatkan fasilitas dari pemerintah pusat. Seperti perlengkapan dan juga biaya pemeliharaan. fasilitas tersebut pastinya sudah menjadi ketentuan dari pemerintah atau berdasarkan peraturan pemerintah Nomor 109 Tahun 2000.

Fasilitas Seorang Bupati & Wakil Bupati

Seperti yang zeyn jelaskan, selain tunjangan bupati dan wakil bupati pastinya mendapatkan berbagai fasilitas yang sudah menjadi peraturan pemerinta. Nah dibawah ini merupakan rincian dari fasilitas tersebut.

  • Fasilitas Rumah Jabatan Serta perlengkapan dan biaya pemeliharaan sampai masa tugas.
  • Disediakan mobil dinas untuk bupati maupun wakil bupati.
  • Biaya pemeliharaan kesehatan
  • Biaya perjalanan dinas
  • Biaya untuk pakaian dinas dan atributnya
  • Biaya penunjang operasional yang digunakan untuk penanggulangan sosial, pengamanan, dan kegiatan khusus untuk mendukung pelaksanaan tugas bupati dan wakil bupati.

Itulah beberapa fasilitas dari bupati dan wakil bupati. Lebih dari fasilitas tersebut. Bupati juga akan mendapatkan biaya operasional. Kamu juga akan mendapatkan info tentang biaya operasional tersebut di artikel ini. Jadi simak terus ya.

Info Tentang Biaya Operasional Bupati Dan Wakil Bupati

gaji bupati sebulan

Nah untuk kamu yang ingin mengetahui berapa besaran dari biaya operasional seorang bupati dan wakil bupati. Disini zeyn jelaskan untuk rincian dari biaya tersebut. Biaya tersebut zeyn dapatkan dari beberapa sumber di internet. Berikut rincian pendapatan asli daerah atau PAD.

  • PAD yang mencapai Rp 5 Miliard tunjangan yang didapat paling minim adalah 125 juta dan paling tinggi 3% dari PAD
  • PAD diatas Rp 5 miliar sampai dengan 10 miliar tunjangan yang didapat paling minim Rp 150 juta dan paling tinggi 2% dari {AD
  • PAD Rp 20 Miliar sampai dengan 50 miliar, Tunjangan yang di dapat seorang bupati dan wakil bupati adalah 300 juta untuk paling rendah, Dan 0,8% dari PAD untuk yang paling tinggi
  • PAD Mencapai hingga 50 miliar sampai dengan 150 miliar Tunjangan paling rendah yang didapat adalah sekitar 400 juta dan yang paling tinggi adalah 0,40% dari PAD
  • Dan PAD Rp 150 Miliar Tunjangan yang di dapat Bupati dan wakil Bupati sekitar 600 juta dan untuk yang paling tinggi sekita 0.15% dari PAD.

Itulah pembahasan tentang tunjangan dari bupati serta fasilitas yang mereka dapatkan selama masa jabatan. Jika melihat dari gaji pokok tersebut terntunya akan sangat terkejut ya karena standar banget. Tapi setelah kita mengetahui berbagai fasilitas biaya operasional dan juga tunjangannya.

Tentunya hal tersebut membuat bapak bupati dan wakil bupati menjadi lebih mudah menjalankan semua tugas yang menjadi tanggung jawab mereka.

Penutup

Gimana tertarik menjadi seorang bupati atau wakil bupati setelah mengetahui tentang gaji mereka. Untuk kamu yang masih pelajar gapai cita cita kamu dan belajar dengan giat. Nantinya kamu akan merasakan memiliki rezeki yang seperti itu bahkan mungkin lebih jika usaha di barengi dengan doa.

Nah mungkin sampai disini saja penjelasannya. Mohon maaf jika terdapat kekurangan pada penjelasan diatas. Terima kasih